Wednesday 26 October 2016

Mengenal Apa itu Google Cloud Messaging / GCM -Android

Saat ini sudah ada yang lebih baru daripada GCM yaitu firebase cloud messaging / FCM (Ketika searching saya juga menemukan Simple Notification Service layanan milik amazon). GCM adalah / merupakan layanan gratis dari google tanpa ada pembatasan  tidak seperti google map service dan google translate service. GCM berguna untuk notifikasi menggunakan push method atau user/android tidak perlu request notifikasi tersebut melainkan akan dikirim notifikasi oleh server melalui google cloud. . GCM tidak hanya diperuntukan platform android namun juga bisa digunakan IOS.


Cara kerja GCM:


Gambar 1. Skema google cloud massage


Proses registrasi
1. User melakukan regstrasi hp android ke google cloud (tiap aplikasi yang memanfaatkan gcm akan registrasi sendiri2 )
2. Google mengirimkan token sebagai penanda  user. token tersebut bersifat unique
3. kemudian token akan dikirm ke server. Kemudian server akan menyimpan token tersebut.

Proses Notifikasi
4. jika server ingin mengirimkan notifikasi ke userharus melewati google cloud. Notifikasi dapat terjadi karena perubahan nilai data database contoh realnya ada berita baru. Notifikasi akan dikirim beserta token user ke google cloud
5. Google cloud akan tahu user mana yang perlu dinotifikasi melalui token tadi. Noifikasi diterima user/android. Android akan memanggil broadcast receiver kemudian service notifikasi muncul.
6. Respon notifikasi ini bebas atau tergantung aplikasi misal hanya sebuah notifikasi, atau notifikasi kemudian langsung men-donwload data yang lebih besar bisa gambar atau lainnya.

lebih jelasny bisa kunjungi
developers.google.com/



Sekian Trimakasih...

Artikel Terkait Android

0 komentar:

Post a Comment