Friday 25 November 2016

Memilih Tipe Activity Pada Android Studio -Android




Activity merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan screen. Activity merupakan board yang digunakan untuk meletakan komponen-komponen yang digunakan oleh user / pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi. Kebanyakan aplikasi android memiliki beberapa activity. Saat kita membuka suatu aplikasi berarti satu activity dijalankan. Activity memiliki life cycle yang dapat berguna untuk mengetahui state / keadaan dari aplikasi (contoh aplikasi dimatikan, aplikasi ditunda dll). Kita juga dapat membuat suatu aplikasi yang tidak memiliki activity. 
Detail mengenai activity: https://developer.android.com/reference/android/app/Activity.html

Beberapa type Activity yang dapat dipilih ketika kita akan membuat aplikasi pada android studio

1. Blank Activity



Pada tipe ini, activity ditampilkan kosong disertai dengan action bar. Pada action bar terdapat judul, icon dan menu/setting. Action bar dapat disisipkan suatu navigasi yang berguna untuk user/pengguna berinteraksi 



2. Bank Activity with Fragment


 Tipe ini memuat sama hampir sama seperti blank activity namun ada tambahan yaitu fragment. Fragment juga memiliki life cycle sendiri, namun keberadaan fragment harus didalam activity. Jika ingin menampilkan beberapa activity dalam satu aplikasi dan dapat beberapa activity tersebut dapat digantikan oleh fungsi dari fragment, maka lebih baik menggunakan fragment karena fragment lebih menghemat memory. Satu fragment dapat digunakan lebih dari satu activity / bersifat reused, Fragment-fragment juga dapat dikombinasikan ke dalam satu activity (Satu activity ada beberapa fragment).


3. Fullscreen Activity



Aplikasi akan memenuhi layar sehingga akan menutup system user interface (seperti notifikasi bar). Pada tipe fullscreen memberikan alternatif berupa action bar yang muncul ketika user/pengguna menyentuh layar device.


4.Google Maps Activity


Tipe ini membuat activity baru beserta google maps.



5. Google Play Services Activty


Tipe ini membuat activity baru yang terkoneksi dengan Google Play Services klien.


6.Login Activity 



Tipe ini membuat tampilan login berupa textfield email dan password.



7. Navigation Drawer Activity


Tipe ini membuat activity baru disertai dengan navigation drawer. Navigation drawer dapat berguna sebagai navigasi utama yang terletak pada kiri layar. Navigasi ini dapat ditampilkan dengan cara mengusap layar dari arah kiri ke kanan.


dan tipe activity lainnya


Sekian dan Terimakasih





  

Artikel Terkait Android

0 komentar:

Post a Comment