Saturday 8 April 2017

Instalasi Python dan Menggunakan IDE PyCharm -Python

Gambar 1. logo python


Bagaimana cara memprogram / membuat program / koding menggunakan python?

Yak.. saat ini saya akan men-share bagaimana instalasi python dan bagaimana meng-koding python menggunakan PyCharm. Bahasa pemrograman ini juga baru bagi saya. Saya tertarik mempelajarinya karena python memiliki  banyak libary yang mendukung analisis data. Selain itu saya juga tertarik library machine learning yang dapat dilakukan python. Saat ini cloud yang memberikan layanan pemrosesan data tersebut tidak gratis seperti IBM Watson, Microsoft Azure, AWS, dll. Layanan tersebut cukup mahal, saya pikir klo niatannya untuk mempelajari/membuat system yang kecil sepertinya kurang woth it.

Link python: (dowload yang terbaru / versi 3++)
https://www.python.org/downloads/windows/

Link PyCharm
https://www.jetbrains.com/pycharm/

Instal keduanya

1. Buka pycharm

2. Pilih New Project

3. Setelah muncul project kosong baru, buat file python baru

Gambar 2. Project kosong


Gambar 3. Membuat file python baru
4. Copy kode dibawah


a="hello";
b="world";
print (a+" "+b);

5. run kode tersebut
Gambar 4. Run kode

6. hasilnnya akan muncul dibawah

Gambar 5. Hasil running kode

Jika menemukan error intepreter yang tidak valid, anda dapat melakukan menunjuk intepreter dahulu seperti gambar 6
Gambar 6. Memilih intepreter

Sekian untuk perkenalan dengan python, 
silahkan bereksperimen lebih dalam lagi

Terimakasih






Artikel Terkait Python

1 comment: