Tuesday 15 November 2016

Apa itu Data Science

Mengenal Data Science


Siapa yang tidak mengenal facebook dan twitter, keduanya merupakan sosial media yang memiliki banyak pengguna. Masing-masing pengguna memiliki data profile dan aktivitas pengguna terhadap sosial media itu. Data tersebut tersimpan pada suatu data warehouse. Sebagai orang awam  kita pasti setujuh pada data tersebut merupakan sesuatu yang berguna.  Namun pertanyaannnya adalah apa dan bagaimana menggunakan data tersebut.

Gambar 1. Data ada yang terstruktur dan tidak terstruktur

Data science  berperan untuk mengekstrak data yang besar tersebut , sehingga didapatkan informasi baru yang bermanfaat.  Data science menawarkan pendekatan baru yang powerful dengan cara mengkombinasikan aspek statistik,  komputer sains,  matematika terapan dan visualisasi, data science mengubah data yang besar menjadi suatu pengetahuan dan pandangan baru. Data science berhubungan erat dengan database dan komputer sains karena data yang diekstrak besar maka dibutuhkan komputer untuk membatu proses ekstraksi.


Gambar 2. Pekerjaan data scientist
Gambar 3. Lingkup data science


Peningkatan Jumlah Data

 Jumlah data meningkat pesat diberbagai sektor karena didukung dengan teknologi modern saat ini. Dengan teknologi modern tersebut memudahkan proses perekaman berbagai data dan aktivitas. IBM mengestimasi bahwa 90 persen data yang ada pada saat ini merupakan data yang dibuat selama dua taun terakhir.


sumber:




Sekian dan trimakasih
Jika ada saran dan kritik tolong komen dibawah

Artikel Terkait Data

2 comments:

  1. Hello,
    The Article on Mengenal Data Science is nice .It give detail information about it .Thanks for Sharing the information about Data Science. hire data scientists

    ReplyDelete