Tuesday 8 November 2016

Mengenal Internet of Things ( IoT )




Agar blog ini jadi kekinian, saya akan memberikan informasi mengenai Internet of Things ( IoT ) . Pertama kali membaca IoT yang ada dipikiran saya adalah LOTR ( i kebaca el ) (Lord of The Rings).

Gambar 1, Lord of The Rings

Definisi IoT : Devices that are connecting to the internet, integrating greater compute capabilities, and using data analytics to extract meaningful information. sumber: Intel 

Device yang terhubung dengan internet akan dapat melakukan komunikasi data sehingga membentuk suatu jaringan yang jika dianalisis lebih lanjut maka diharapkan menghasilkan informasi yang lebih berharga. 

Saat ini banyak bertebaran berbagai device yang dapat saling terhubung contoh smartphone, smart televisi, gps mobil, cctv dan lain masih banyak lagi. Pada masing-masing device memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing dan dapat dihubungkan sehingga akan muncul fungsi dan kegunaan baru.

Jumlah pengguna dan aktivitas device yang sangat banyak sehingga akan menghasilkan data yang besar / big data. Big data, dihasilkan dari terhubungnya antar device, dapat menghasilkan informasi yang lebih berguna. Namun kebanyakan big data yang dihasilkan masih dalam bentuk raw data dan unstructured, sehingga perlu dianalisis/dieksperimen. Perjalanan big data menjadi informasi bermanfaat membutuhkan profesi-profesi yang ahli mengenai data diantaranya: data analis, data saintis, data architect,dan data engineer (untuk melihat perbedaan keempatnya lihat: https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-a-data-analyst-and-a-data-scientist-1)

Contoh penerapan IoT yaitu pada saat berkendara kita dapat menggunakan gps untuk mengetahui tempat dimana akan terjadi kemacetan dan juga mengetahui jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.SmartCity juga merupakan contoh penerapan IoT.

Sekian dan Trimakasih









Artikel Terkait Teknologi Terkini

0 komentar:

Post a Comment